Array 3D adalah salah satu penggandaan objek terhadap tiga buah sumbu
Langkah-langkahnya yaitu ;
1.Buatlah sebuah objek Torus pada Top Viewport
2.Klik select objek lalu pilih objek Torus tersebut
3.Klik menu Tools lalu pilih Array
5. Klik tombol 3D pada Array Dimension. Kemudian isilah nilai Count = 3 untuk
1D, 2D, dan 3D.
6. Isilah nilai Y = 100 pada baris 2D kelompok Incremental Row Offsets.
7. Isilah nilai Z = 100 pada baris 3D kelompok Incremental Row Offsets.
8. Setelah itu klik OK untuk mengakhiri.
Modifier Objek
A.Bend
Digunakan untuk membengkokkan objek 3 dimensi.
langkah – langkahnya yaitu :
1. Buatlah sebuah objek Tube dengan ukuran Radius 1 = 20, Radius 2 = 30, dan
Height = 100.
2. Klik select object lalu pilih objek Tube tersebut.
3. Pada Command Panel klik tab menu Modifier List, kemudian pilih ikon Bend
4. Pada parameters Bend isilah kotak Angle dengan nilai 60.
5. Pilih Bend Axis Z.
Keterangan :
_ Angle : Sudut pembengkokan terhadap bidang vertikal.
_ Direction : Arah putar pembengkokan terhadap bidang horizontal.
_ Bend Axis : Sumbu acuan pembengkokan.
_ Limits : Batas pengaruh terhadap pembengkokan.
B. TWIST
Modifier Twist merupakan fasilitas untuk memuntir objek 3 dimensi.
Langkah – langkahnya yaitu :
1. Buatlah sebuah objek Box pada Top Viewport dengan parameters Length=40,
Width=40, dan Height=100.
2. Klik select object lalu pilih objek Box tersebut.
3. Pada Command Panel klik tab Modify lalu klik menu Modifier List, kemudian
pilih ikon Twist.
4. Ubahlah nilai Angle dari parameters Twist dengan nilai 90 dan Twist Axis Z.
Hasil Modifier Twist
C. EXTRUDE(Autodesk maya 2013)
Extrude ini digunakan untuk membuat ketebalan dari objek 3d tersebut.
Langkah – langkahnya yaitu :
1.Buatlah sebuah Objek Poligon misalkan Cube
2.Klik objek dan klik kanan pada mouse..pilih face untuk memilih sisinya
3.Lalu pilih Edit Mesh->lalu Klik Extrude
4.Hasil Dari Extrude
Operasi Modify
Boolean merupakan operasi matematika yang artinya beririsan.
1.Union
Union merupakan fungsi Boolean dimana objek A dan Objek B digabungkan menjadi satu bagian atau satu objek yang utuh. Nah anda juga dapat menggabungkan beberapa buah objek menjadi satu buah objek yang utuh. Objek yang telah di union akan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan lagi, untuk itu hati-hati dalam melakukan union, cek terlebih dahulu objek yang akan kita union pastikan tidak ada lagi yang salah.
1.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
2.Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Union
3. Hasil dari Union
2. Intersection
Intersection merupakan fungsi Boolean dimana objek A yang bersentuhan atau beririsan dengan objek B diambil menjadi sebuah objek yang baru. Fungsi ini biasanya saya guanakn untuk menggambar komponen-komponen pada mesin. Nah untuk lebih gampangnya akan saya jelaskan dengan gambar berikut :
1.Pertama2 saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
2.Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Intersection
3. Hasil dari Intersection
3.Subtraction
Subtraction merupakan fungsi Boolean dimana objek A dipotong atau dikurangi oleh besarnya bagian dari objek B yang bersentuhan langsung dengan dengan objek A. Fungsi ini biasanya kita pakai untuk beberapa bagian mesin dan membuat rumah. Contoh untuk rumah nanti akan kita pakai membuat kusen jendela atau dinding rumah. Untuk lebih jelasnya coba kita perhatikan gambar dibawah ini ,tapi dalam Autodesk Maya 2013 ini dinamakan Difference
Hasil dari Subtraction/Difference
4.Cut
.Cut adalah salah satu teknik untuk memotong sebagian objek tanpa harus menghapus keseluruhan dari objek tersebut..dalam Autodesk Maya 2013 Cut Faces Tools namanya perintah untuk memotong sebuah objek.Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.Buat sebuah objek Poligon..yaitu Sphere:
2.Pilih Perintah Edit mesh -> Cut Faces Tools
3.Kita tentukan garis yang kita potong dalam objek
4.Lihat Option Box-> Inputs->Ganti Delete Faces Menjadi On
5.Hasil dari Cut
0 comments:
Post a Comment