Tuesday, December 4, 2012

Tugas Softskill 3

                            



  • Shader adalah sebuah tambahan yang digunakan dalam 3D software tertentu dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmosphere, fog dan sebagainya.


Jenis-Jenis Shader:

-Anisotropic adalah material dengan highlight berbentuk ellipse.Biasanya digunakan untuk benda dengan bentuk memanjang

-Blin adalah materian yang mensimulasikan efek logam

-Metal adalah material yang mensimulasikan efek logam

-Multi Layer adalah material dengan highlight berlapis dan lebih kompleks dibandingkan Anisotropic

-Oren Nayar Blinn adalah material yang sedikit redup dan rata dibandingkan blinn,misalnya untuk karpet

-Strauss adalah material dengan permukaan metalik atau non metalik,namun dengan pengaturannya yang lebih sederhana dibandingkan jenis lainnya

-Phong adalah material dengan highlight bulat dan lebih tajam dibandingkan Blinn 


  •  Face Map
    Face Map dalam keadaan mati,map akan digambar pada satu objek.Dalam keadaan aktif,map akan digambarkan di setiap permukaan object

  • 2 Sided 
    2 sided mengaktifkan material dua sisi,objek dirender pada bagian luar dan dalam di setiap sisinya.Hanya berpengaruh pada material yang tembus pandang,yaitu wire dan transparan

  • Faceted  
    Merender objek dengan segmen-segmen yang tajam atau tegas,sehingga objek seolah-olah terdiri dari kumpulan permukaan datar

  • Ambient 
    Warna objek yang terjadi di area bayangan.Dapat dikatakan,ambient adalah area yang tidak terkena cahaya

  • Difuse 
    Warna objek yang terjadi akibat adanya cahaya.Dapat dikatakan,bahwa diffuse merupakan warna yang sebenarnya atau warna asli dari objek

  • Specular 
    Warna objek pada are yang berkilau atau mengkilat,sering disebut highlight.Lokasi gambar tergantung dari lokasi sumber cahaya 

  • Self illumination
    Memilih map untuk mengontrol tingkat iluminasi pada bagian-bagian objek.Semakin terang warna pixel,semakin terang pulang iluminasi pada bagian objek tersebut

  • Opacity 
    Memilih map untuk mengontrol bagian yang transparan.pixel hitam akan menciptakan area yang transparan penuh,pixel putih akan menciptakan area yang padat,dan warna selain itu akan menciptakan area semi transparan

  • Falloff 
    Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih)

  • Falloff In
    Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih) yaitu bagian tengah (In) objek

  • Falloff Out
    Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih) yaitu bagian pnggir (out) objek

  • Filter Color 
    Memilih map untuk yang akan dicampurkan pada latar belakang material transparan

  • Subtractive
    Menentuka map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map yang lebih gelap 

  • Additive
    Menentuka map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map yang lebih terang 

  • Texture mapping
    Suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar (tekstur )menjadi polygons

  • Mapping coordinate
    Untuk menentukan posisi kordinat dalam pemetaan gambar objek 3D


sumber:

http://gigihsoak.wordpress.com/category/informasi/page/2/

http://nurmanto.com/pengertian-grafika-komputer/

Related Posts



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More