Pengertian Konvergensi Media
Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu
convergence. Kata konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan
bersatu dalam suatu titik.
Konvergensi akan mudah dibayangkan jika menggunakannya dalam ilmu fisika
khususnya tentang cahaya. Cahaya matahari datang dari berbagai sudut yang
kemudian dikumpulkan atau dibiaskan oleh loop (kaca pembesar) pada satu titik.
Penggabungan berkas-berkas cahaya tersebut adalah peritiwa konvergensi.
Sehingga, konvergensi media berarti penggabungan
atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke
dalam satu titik tujuan. Istilah konvergensi secara umum juga merujuk pada
kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi (TIK). Kata
konvergensi ini umum dipakai dalam perkembangan teknologi digital, integrasi
teks, angka, gambar, video, dan suara.
Dampak Konvergensi Media :
Konvergensi media juga mengubah hubungan antara teknologi,
industri, pasar, gaya hidup dan khalayak. Singkatnya, konvergensi mengubah
pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak serius
pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kebudayaan.
Misalnya saja, bagaimana surat kabar harian Kompas
yang dulunya hanya menyediakan berita di media cetak kemudian menghadapi
perubahan teknologi yang drastis ini. Ternyata Koran kompas juga mengikuti
perkembangan teknologi sehingga juga menyediakan berita di internet seperti
kompas.com atau detik.com. Dengan tersedianya berita di internet yang bisa
dikonsumsi dengan computer bahkan sekarang bisa mengkonsumsi berita dengan
handphone (Hp), sehingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi,
hiburan, sosial, politik, bahkan bidang ekonomi ( misalnya, saat ini, orang
tidak perlu repot lagi jika ingin berbelaja sesuatu, dari ponsel yang dimiliki
bisa melakukan banyak hal misalnya membaca koran di pagi hari, bertegur sapa
dengan para kolega, mengirim pesan penting dalam bentuk yang singkat (SMS) atau
panjang melalui email, melakukan rapat-rapat penting, sampai pada melakukan
transaksi dalam jumlah yang besar. Semua konten tersebut hadir dalam satu
platform media.
Kemungkinan pertama, konvergensi dapat mendorong
kompetisi yang lebih besar karena bahan mentah (raw material) bagi semua media
saat ini menjadi luar biasa murah. Tidak perlu lagi mengeluarkan biaya produksi
tinggi untuk membeli kertas, cukup dalam bentuk digital yang hampir nol biaya
produksi.
Persoalan kejahatan yang mungkin timbul akibat
konvergensi dan digitaliasi dapat dibagi menjadi empat bagian besar: pencurian
perangkat keras/ data dan informasi, penipuan (fraud), pelanggaran hak cipta,
serta serangan terhadap individu atau organisasi.
Di Indonesia, kejahatan yang terkait dengan
penipuan, terutama kartu kredit, cukup marak. Bahkan, karena begitu banyaknya
penjahat yang menggunakan modus ini, mengakibatkan banyak alamat IP address
Indonesia yang sempat diblokir, sehingga orang Indonesia yang ingin berbelanja lewat
internet tidak dipercaya lagi oleh pemilik-pemilik situs belanja online
di luar negeri.
Namun adanya konvergensi di zaman digitalisasi ini
membuat berkurangnya pertemuan secara face to face. Dan juga bisa membuat
sesorang menjadi malas karena semuanya sudah menjadi praktis.
Dasar terbentuknya Konvergensi Media
John Fiske dalam bukunya Cultural and
Communication Studies mengungkapkan kode-kode digital lebih mudah dipahami
karena unit-unitnya dibedakan dengan jelas, berlainan dengan kode-kode analog
yang bekerja dalam suatu skala kontinu. Jadi tidaklah heran jika dalam
orientasi perkembangan peradaban manusia mengarah pada proses digitalisasi atau
dengan kata lain proses menuju kemudahan, kelengkapan, dan kecepatan dalam
mendapatkan dan memahami berbagai informasi.
Dari sisi bisnis, digitalisasi menjanjikan
efisiensi biaya yang cukup signifikan dengan area cakupan yang lebih luas,
kualitas pelayanan yang lebih baik dan mampu melayani pengguna jasa media
berdasarkan kebutuhan mereka. Namun yang jauh lebih penting adalah digitalisasi
mampu mendesak kelahiran beragam kreativitas dalam penyajian konten sehingga
area cakupan bisnis dapat lebih diperluas.
Manfaat konvergensi media
Manfaat konevergensi media tentu saja memudahkan
khalayak dalam mendapatkan informasi, berita, hiburan, membeli barang. Tidak
mebutuhkan biaya yang banyak, lebih hemat waktu, praktis, juga bisa membuat
pihak media sebagai tantangan untuk mengembangkan media yang sudah ada
sebelumnya.
Regulasi Konvergensi
Regulasi tetap diperlukan untuk mengawal
nilai-nilai kemanusiaan dalam hubungan antarmanusia itu sendiri. Beberapa isu
menarik layak direnungkan dalam konteks penyusunan regulasi. Pertama adalah
bagaimana pengambil kebijakan mendefinisikan batasan sektor-sektor yang akan
dikenai kebijakan, misalnya saja soal hukum yang dapat dijalankan. Kedua
bagaimana situasi pasar dan hak cipta diterjemahkan. Wilayah ini menyangkut
soal self regulation dan kondisi standarisasi hak cipta. Ketiga, bagaimana soal
akses pada jaringan media serta kondisi sistem akses itu sendiri. Persoalan
seperti pengaturan decoder TV digital maupun content media menjadi layak kaji
dalam hal ini. Keempat, akses pada spektrum frekuensi, kelima mengenai standar
jangkauan atau sejauh mana media konvergen dapat dijangkau oleh khalayak serta
apakah sebuah akses harus disertai dengan harga yang harus dibayar oleh
khalayak. Dan terakhir menyangkut sejauh mana kepentingan khalayak diakomodasi
oleh regulasi, misalnya sejauh mana freedom of speech dan kalangan minoritas
benar-benar mendapat perlindungan dalam sebuah kebijakan.
# Teknologi Konvergensi
Konvergensi:
Konvergensi merupakan integrasi yang progresif
dari beberapa platform jaringan yang berbeda untuk menyalurkan layanan yang
serupa dan atau layanan-layanan yang berbeda yang disalurkan pada platform
jaringan yang sama.
Konvergensi adalah bersatunya layanan
telekomunikasi, teknologi informasi, dan penyiaran. Penyelenggaraan jasa
telekomunikasi merupakan kegiatan penyediaan atau pelayanan jasa telekomunikasi
yang memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi melalui media apa aja,
termasuk TV, siaran, radio dan multimedia.
Konvergensi yang sempurna terjadi pada jaringan masa depan. Dalam era konvergensi semua instrumen jaringan berbasis IP atau packet-based network. Aplikasi dan layanan akan terpisah dari jaringan transport / core.
Di sisi lain, jaringan akan bersifat terbuka,
jaringan pita lebar terintegrasi, serta jaringan ubiquitous. Sedangkan
network intelligence terdistribusi.
VPN:
VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network,
yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium
nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara
aman.
Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun
menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site
tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk
menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.
Keuntungan menggunakan layanan Virtual Private
Network :
1. Browsing, surfing, dan transfer data melalui internet menjadi semakin aman.
2.
Menyembunyikan IP addres si pengguna karena IP yang
terekam adalah dari server VPN yang anda pakai.
3.
Semua aplikasi di komputer/PC anda menjadi lebih
aman.
Misalnya skype, instant messagers: ICQ,AIM,email
dll
4.
Akses dengan kecepatan tinggi ke beberapa situs atau
layanan lainnya (Tentunya dengan VPN yang berbayar hehehe)
5.
Proteksi penuh terhadap akses internet Anda ketika berada
pada lokasi hotspot/WiFi.
6.
Bypass pemblokiran yang dilakukan oleh Internet Service
Provider (ISP) dimana Anda melakukan koneksi internet.
Untuk Kerugian dari VPN
1. Beberapa Vendor VPN di luar negeri rawan sekali terjadi penyadapan, hacking, cyber crime dll
2.
Ketersediaan Performa jaringan khusus perusahaan berada
diluar kendali pihak perusahaan
Pemanfaatan IT:
·
Alat bantu Administratif:
Telepon, fax, komputer, printer, scanner,
database, sistem informasi, jaringan LAN / Internet
Surat menyurat. Jarang yang menggunakan mesin
ketik lagi jika IT diambil, proses administratif terganggu.
·
Alat Bantu Pendidikan:
Membantu memberikan mata kuliah (delivery tools)
Harga CD-ROM lebih murah dari kertas!
Harga CD-ROM kosong Rp 3000,- vs 30 (sd 50)
halaman fotocopy
Sayang alat baca CD-ROM masih berbentuk komputer
yang relatif mahal harganya
·
Alat Bantu Penelitian
- Kolaborasi peneliti via e-mail, mailing list.
- Koleksi makalah, journal, karya ilmiah.
- Situs Citeseer untuk mencari makalah di bidang
ilmu komputer.
- Digital library dari IEEE & ACM.
- Mempermudah akses ke sumber informasi.
Bandingkan dengan interlibrary loan (lama dan mahal).
- Seminar, konferensi menggunakan email sebagai
metoda untuk pengiriman makalah.
Defenisi Konvergensi Media:
Konvergensi media adalah penggabungan atau
pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu
titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi
komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.
Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan komunikasi data dalam satujaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
Social Networking Site (SNS) atau biasa disebut
juga jaringan sosial didefinisikan sebagai suatu layanan berbasis web yang
memungkinkan setiap individu untuk membangun hubungan sosial melalui dunia maya
seperti membangun suatu profil tentang dirinya sendiri, menunjukkan koneksi
seseorang dan memperlihatkan hubungan apa saja yang ada antara satu member
dengan member lainya dalam sistem yang disediakan, dimana masing-masing social
networking sitememiliki ciri khas dan sistem yang berbeda-beda, beberapa contoh
Social Networking Site diantaranya MySpace, Facebook, Cyworld, and Bebo. Fungsi
dari penerapan Social Networking Site itu sendiri berfokus pada koneksi yang
akan dibangun oleh satu orang dengan orang lainnya, dimana dapat berupa
hubungan sahabat, keluarga, seks, event,profesi hingga bisnis dan pekerjaan
(Boyd & Ellison, 2007).
Komponen-komponen arsitektur dari sebuah situs
jaringan sosial menurut Mike Gotta dalam artikelnya “Reference Architecture For
Social Network Sites (2008) ” yang ber-referensi dari IT Research Buton Group,
yaitu sebuah situs jaringan sosial adalah sebuah situs web yang :
Berperan sebagai fasilitas bagi individu untuk
menjalin hubungan dengan individu lainnya sehingga memungkinkan mereka untuk
bersama-sama membangun atau memperluas jaringan sosial mereka.
Merupakan sebuah fasilitas bagi orang-orang untuk
berinteraksi satu sama lain, berbagi informasi dalam situs, berpartisipasi
dalam kegiatan situs yang berbeda, dan membangun komunitas secara informal dan
sukarela.
Mengandung komponen spesifik yang memungkinkan
orang untuk:
mendefinisikan profil secara online.
daftar hubungan individu.
pemberitahuan tentang suatu kegiatan
(notification).
berpartisipasi dalam kegiatan suatu kelompok
masyarakat (group).
pengaturan
privasi dan izin.
Terintegrasi dengan platform infrastruktur yang
terkait untuk melengkapi sistem end-to-end (misalnya direktori, keamanan, dan
aplikasi integrasi).
Apa yang membuat situs jaringan sosial unik adalah
bukan karena setiap orang memiliki kemungkinan untuk membangun hubungan sosial
dengan orang-orang yang tidak dikenal sekalipun, namun social networking
sitememungkinkan profil jaringan sosial pada setiap individu bersifat visible
bagi seluruh member, itu jika di kehendaki oleh individu tersebut. Hal ini
dapat mengakibatkan hubungan antara individu, yang tidak seharusnya terhubung
menjadi dapat dibuat. Pada banyak sosial networking site yang besar, individu
tidak selalu berusaha untuk mencari atau bertemu dengan orang-orang baru,
melainkan mereka lebih mengutamakan untuk menjalin komunikasi dengan orang yang
sudah menjadi bagian dalam jaringan sosial mereka.
Salah satu fitur teknis yang diterapkan oleh
social networking site, profil yang unik dimana menjadi tempat setiap orang
untuk mendefinisikan dirinya yang mencakup identitas-identitas mendasar antara
lain umur, lokasi, about me, Contact Info, dan status-status lainnya.
Kebanyakan situs juga mendorong pengguna untuk meng-upload foto untuk
profilnya. Selain itu, beberapa situs juga memungkinkan pengguna untuk
memodifikasi penampilan profil mereka dengan menambahkan konten-konten yang bersifat
multimedia. Contoh lainnya, seperti Facebook, memungkinkan pengguna untuk
menambahkan modul application yang sangat bervariasi agar profil terlihat lebih
menarik.
Visibilitas profil suatu account bervariasi
menurut situs dan kebijaksanaan pengguna itu sendiri. Situs seperti Facebook
dan MySpace memungkinkan pengguna untuk memilih apakah profil mereka terbuka
untuk umum atau “teman saja”. Secara default, pengguna yang merupakan bagian
dari jaringan yang sama dapat melihat profil masing-masing member, kecuali
seorang pemilik profil telah memutuskan untuk membatasi izin hak akses kepada
anggota-anggota lain dalam jaringan tersebut.
Setelah bergabung dengan suatu situs jejaring
sosial, biasanya pengguna akan mengindentifikasi orang-orang yang memiliki
hubungan dengannya, baik anggota yang telah memiliki account di jaringan yang
sama mapupun belum. Label untuk hubungan-hubungan ini akan berbeda-beda, ada
yang bersifat satu arah ataupun dua arah. Kebanyakan SNS memerlukan konfirmasi
dua arah untuk suatu hubungan pertemanan, sedangkan contoh hubungan satu arah
misalnya hubungan antara fans dengan idolanya. Dalam situs jejaring sosial,
kesalahan dalam mengartikan hubungan teman antar anggota dalam situs sering
terjadi dimana koneksi yang terjadi antara satu individu dengan individu yang
lainnya tidak selalu berarti adanya hubungan pertemanan antar dua individu
tersebut dan setiap orang punya alasan masing-masing dalam menciptakan hubungan
itu.
Konsep Podcasting
Defenisi:
Istilah "podcasting" pertama kali muncul
dalam sebuah karangan artikel oleh Ben Hammersley di surat kabar The Guardian
pada Februari 2004, bersama dengan istilah lain yang diusulkan untuk menamakan
teknologi baru ini. "Podcast" merupakan lakuran kata "pod"
— "playable on demand" (dimainkan atas permintaan), yang kelak
digunakan Apple Computer (sekarang Apple) untuk merekpemutar-media-saku
(portable media player) iPod — dan "broadcasting" (penyiaran). Nama
ini dapat menyesatkan, karena siniar dapat digunakan tanpa iPod, atau bentuk
pemutar-media-saku lain; isi-kandungannya dapat diperoleh dengan komputer yang
dapat memainkan berkas media. Penggunaan istilah "podcast" mendahului
adanya dukungan asal (native support) untuk layanan siniar bagi iPod, atau
perangkat lunak Apple iTunes. Untuk menghindari keterkaitannya dengan istilah
"iPod", beberapa orang memakai istilah "netcast" sebagai
pengganti "podcast", seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv Leo
Laporte. Singkata balik (backronym) telah diusulkan supaya "podcast"
dapat diuraikan sebagai "personal on demand broadcast" (penyiaran
atas permintaan pribadi).
Manfaat:
Ada banyak manfaat dari Podcasting yang dapat Anda
terima jika Anda menggunakannya sebagai salah satu pemasaran dan alat
komunikasi:
(1) Meningkatkan visibilitas situs Anda
Audiens target Anda akan dapat menemukan situs
Anda lebih mudah ketika Anda daftar podcast Anda di direktori podcast yang
tersedia. Visibilitas untuk situs Anda akan meningkat sangat. Demikian pula,
mesin pencari akan dapat menemukan podcast Anda lebih mudah juga.
(2) Menyediakan alat komunikasi bisnis yang
efektif
Salah satu manfaat penting dari Podcasting adalah
kenyataan bahwa itu benar-benar menyediakan alat komunikasi tambahan untuk
bisnis online Anda. Orang-orang akan datang untuk tahu tentang situs Anda. Apa
yang telah ditulis dan ditawarkan di situs Anda akan bisa mendapatkan
kredibilitas Anda sebagai seorang penulis ahli di bidang Anda.
(3) Memberikan kesempatan untuk memberikan nilai
tambah menawarkan
Podcasting memungkinkan Anda untuk memberikan
nilai tambah menawarkan dalam format audio. Ini akan mempertahankan kepentingan
pembaca dan pelanggan sama seperti mereka akan senang dengan tawaran ini.
Mereka dapat kembali ke situs Anda untuk podcast mingguan “Pilihan Hot Tips
untuk minggu ini”, ini akan menjadi favorit panas bagi mereka dalam perdagangan
opsi.
(4) Menyediakan retensi memori yang lebih baik
Podcasting melibatkan melihat, mendengar dan
mengalami. Jika digabungkan, memberikan hasil terbaik untuk retensi memori
sekitar 75% untuk rata-rata orang. Ini menyimpulkan bahwa pesan audio pasti
lebih berkesan dari hanya teks biasa. Retensi memori adalah salah satu manfaat
lebih penting bisa Anda dapatkan dari Podcasting.
(5) Menyediakan kemudahan penggunaan
Podcast Anda dapat dengan mudah diputar pada
pemutar MP3 portabel. Orang akan dapat mendengarkan podcast Anda di mana saja
dan kapan saja. Podcasting membuat mendengarkan pesan Anda begitu mudah, tanpa
rewel.
(6) Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu
lintas
Jika podcast Anda berisi konten yang besar, mereka
akan mengarahkan lalu lintas ke situs Web Anda. Hal ini akan menciptakan dampak
pada penjualan Anda dan garis bawah. Konten Anda juga harus informatif,
menarik, dan harus selalu menyediakan nilai nyata bagi pendengar Anda. Melalui
Podcasting, Anda juga dapat berkomunikasi dengan audiens target Anda.
Podcasting adalah trend komunikasi terbaru dengan
pemasar di web. Ia menawarkan jangkauan menguntungkan untuk jutaan pendengar
yang pelanggan potensial. Kemungkinan pemasaran banyak. Podcasting adalah
sekarang rute emas untuk memilih, dan tidak harus dibiarkan keluar sebagai
salah satu pemasaran dan alat komunikasi.
Konsep RSS
Kita pasti sering mendengar kata atau istilah RSS. RSS biasanya sering dilambangkan dengan icon seperti di samping. Apa itu RSS? RSS adalah singkatan dari istilah yang merujuk pada beberapa protokol:
·
Really Simple Syndication ( RSS 2.0 )
·
RDF Site Summary ( 0.9 dan 1.0 )
·
Rich Text Summary ( 0.91 )
Defenisi:
RSS adalah suatu teknologi dalam dunia web yang
dibangun untuk mempermudah kita untuk membaca ataupun berlangganan konten
(isi/artikel) dari suatu situs/web/blog. RSS merupakan versi sederhana dari
halaman web yang berisikan hanya konten artikel saja, tanpa adanya fitur-fitur
lain seperti widget, iklan, CSS, ataupun javascript.
Manfaat:
RSS biasanya digunakan secara luas di website yang
menyediakan konten yang dinamis dan terupdate secara berkala, seperti halnya
blog, portal berita, dan lain-lain.
RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog
untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga
menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. RSS digunakan pada
hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk:
pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang
membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.
Manfaat yang diperoleh dengan adanya RSS adalah
pembaca sangat dimudahkan dalam mengetahui update terbaru suatu website tanpa
perlu mengunjungi alamat website tersebut, karena pembaca hanya butuh untuk
berlangganan pengumpan (feed) dari website tersebut.
Beberapa website atau blog hanya menyediakan umpan
RSS berupa beberapa baris kalimat atau ringkasannya saja, namun ada juga yang
menyediakan umpan berupa artikel penuh, tergantung tujuan dari masing-masing
pengelola website tersebut.
Televisi Protokol Internet
Internet televisi Protocol (IPTV) adalah
sistem-melalui mana Internet Disampaikan TV layanan menggunakan arsitektur
jaringan dan Metode suite protokol Internet melalui paket-switched Jaringan
Infrastruktur, misalnya, Internet dan jaringan internet broadband akses, BUKAN
dari Menjadi Disampaikan Melalui siaran tradisional frekuensi radio, sinyal
satelit, dan televisi kabel (CATV) format.
IPTV layanan Mei Jadilah Berbintang Ke tiga
kelompok utama: TV, waktu bergeser pemrograman, dan video on demand (VOD). Hal
ini Distinguished dari layanan internet berbasis web atau multimedia berbasis
umum dengan proses Standardisasi on-akan-nya (misalnya, Institut Standar
Telekomunikasi Eropa) dan skenario penyebaran Preferential dalam jaringan
Telekomunikasi berbasis pelanggan dengan saluran akses berkecepatan tinggi
pengguna akhir bangunan Ke melalui kotak set-top atau lain-lokasi pelanggan
tetap.
definisi
Secara historis, banyak definisi yang berbeda-beda
IPTV Apakah Muncul, Termasuk dasar stream melalui jaringan IP, transportasi
sungai melalui jaringan IP dan sejumlah sistem berpemilik.
Definisi resmi disetujui oleh kelompok
Telekomunikasi fokus pada IPTV International Union (ITU-T FG IPTV) adalah
sebagai BERIKUT:
"IPTV didefinisikan sebagai layanan
multimedia diantaranya televisi / video / audio / text / grafik / data yang
disampaikan melalui jaringan berbasis IP. System ini mampu memberikan tingkat
kualitas pelayanan dan pengalaman, keamanan, interaktivitas dan keandalan yang
dibutuhkan."
Definisi Lain yang resmi dan lebih rinci IPTV
datang dari Alians Telecomunication Industry Solution (ATIS), IPTV eksplorasi
Group pada tahun 2005:
"IPTV didefinisikan sebagai pengiriman aman
dan dapat diandalkan untuk pelanggan dari hiburan video dan layanan terkait.
Layanan tersebut meliputi Mei, misalnya, Live TV, Video On Demand (VOD) dan
Interactive TV (iTV). Layanan ini di mengakses Disampaikan agnostik, packet
switched protokol jaringan mempekerjakan Itu IP untuk mengangkut audio, video
dan sinyal kontrol. Berbeda dengan video melalui Internet publik, dengan
penyebaran IPTV, keamanan jaringan dan kinerja yang ketat berhasil Memastikan
pengalaman hiburan unggul, Hasil dalam lingkungan bisnis yang menarik bagi
penyedia konten, pengiklan dan sama Pelanggan. "
Salah satu definisi untuk konsumen IPTV ini untuk
transportasi program satu atau beberapa sungai (MPTS) yang bersumber oleh
operator jaringan yang sama memiliki atau langsung kontrol itu mil yang
"terakhir" ke lokasi konsumen [rujukan?]. Ini kontrol atas
Memungkinkan pengiriman Dijamin kualitas pelayanan (QoS), Dan Juga Memungkinkan
penyedia layanan untuk menawarkan pengalaman pengguna yang ditingkatkan sebagai
panduan program yang lebih baik seperti itu, layanan interaktif dll
Di lingkungan komersial IPTV banyak digunakan
untuk distribusi TV, saluran playout video dan Video on Demand (VOD) materi di
LAN atau WAN IP jaringan infrastruktur, dengan QoS dikontrol.
sejarah
Pada tahun 1994, ABC World News Now adalah acara
televisi pertama yang disiarkan melalui Internet, dengan menggunakan perangkat
lunak konferensi video CU-SeeMe.
Istilah IPTV pertama kali muncul pada tahun 1995
dengan pendirian ajaran Software oleh Judith Estrin dan Bill Carrico. Ajaran
dirancang dan dibangun sebuah produk video internet bernama IP / TV. IP / TV
adalah MBONE Windows yang kompatibel dan aplikasi berbasis Unix yang bergerak
tunggal dan multi-sumber audio / video lalu lintas, mulai dari kualitas rendah
sampai DVD, menggunakan kedua unicast dan multicast IP Real-time Transport
Protocol (RTP) dan kontrol real time protokol (RTCP). Perangkat lunak ini
ditulis terutama oleh Steve Casner, Karl Auerbach, dan Cha Chee Kuan. Ajaran diakuisisi
oleh Cisco Systems pada tahun 1998 Cisco. Mempertahankan IP / TV merek dagang.
Radio internet perusahaan AudioNet memulai webcast
live pertama terus menerus dengan konten dari WFAA-TV pada bulan Januari 1998
dan KCTU-LP pada tanggal 10 Januari 1998.
Kingston Communications, operator telekomunikasi
regional di Inggris, meluncurkan KIT (Kingston Interaktif televisi), sebuah
IPTV lebih dari DSL broadband layanan TV interaktif pada bulan September 1999
setelah melakukan uji coba berbagai TV dan VoD. Operator menambahkan layanan
VoD tambahan pada bulan Oktober 2001 dengan Ya TV, penyedia konten VoD.
Kingston adalah salah satu perusahaan pertama di dunia untuk memperkenalkan
IPTV dan VoD IP lebih dari ADSL.
Pada tahun 2002, Sasktel adalah orang pertama yang
komersial menyebarkan Internet Protocol (IP) video melalui jalur pelanggan
digital (DSL) menggunakan Stinger Lucent (R) DSL platform. Pada tahun 2006,
adalah perusahaan Amerika Utara pertama yang menawarkan saluran HDTV atas
layanan IPTV
Pada tahun 2003, Jumlah Akses Jaringan Inc
meluncurkan layanan IPTV, terdiri dari 100 stasiun IPTV bebas di seluruh dunia.
Layanan ini telah digunakan di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, dan
memiliki saluran dalam 26 bahasa.
Pada tahun 2005, Bredbandsbolaget meluncurkan
layanan IPTV sebagai operator selular pertama di Swedia. Pada Januari 2009,
mereka bukan lagi pemasok terbesar; TeliaSonera yang meluncurkan layanan mereka
kemudian memiliki pelanggan sekarang lebih.
Pada tahun 2006, AT & T U-Ayat meluncurkan
layanan IPTV-nya di Amerika Serikat, yang terdiri dari kepala akhir nasional
dan regional video-melayani kantor. AT & T menawarkan lebih dari 300
channel di 11 kota dengan lebih yang akan ditambahkan pada tahun 2007 dan
seterusnya. Pada bulan Maret 2009, AT & T mengumumkan bahwa U-ayat telah
diperluas ke 100 atau lebih channel High Definition di setiap pasar TV U-Ayat.
Saat menggunakan protokol IP, AT & T telah membangun jaringan IP privat
khusus untuk transportasi video.
masa depan
Di masa lalu, teknologi ini telah dibatasi oleh
penetrasi broadband rendah dan dengan biaya yang relatif tinggi menginstal
kabel mampu mengangkut konten IPTV terpercaya di rumah pelanggan. Pada
tahun-tahun mendatang, namun, IPTV perumahan diharapkan tumbuh dengan cepat
seperti broadband yang tersedia untuk lebih dari 200 juta rumah tangga di
seluruh dunia pada tahun 2005, diproyeksikan akan tumbuh hingga 400 juta orang
pada tahun 2010. Banyak penyedia utama dunia telekomunikasi yang mengeksplorasi
IPTV sebagai kesempatan pendapatan baru dari pasar yang ada dan sebagai langkah
pertahanan terhadap gangguan dari lebih konvensional layanan televisi kabel.
Juga, ada semakin banyak instalasi IPTV di
sekolah-sekolah, universitas, perusahaan dan institusi lokal.
Pada bulan Desember 2009, FCC mulai melihat ke
menggunakan kotak set-top untuk membuat TV dengan kabel atau layanan serupa
menjadi pemain video broadband. Kepala Biro Media FCC Bill Lake telah
mengatakan sebelumnya bahwa TV dan Internet segera akan sama, tetapi hanya 75
persen rumah memiliki komputer, sedangkan 99 persen punya TV. Sebuah survei
Nielsen mengatakan 99 persen dari menonton video dilakukan di TV.
SUMBER
0 comments:
Post a Comment