Sunday, October 21, 2012

Desain Grafis dan Pemodelan Grafis

Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Ada beberapa tokoh menyatakan pendapatnya tentang desain grafis antara lain : 
Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ”aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“ Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi. 

Sedangkan Jessica Helfand mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat. 

Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi. 

Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition). 

Warren dalam Suyanto memaknai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual. 

Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.

Pemodelan Grafis
Sebelum kita membahas nya, terlebih dahulu kita mesti tau apa sih pemodelan grafik itu sendiri.
 
Pemodelan disini menurut saya adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek, atau membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup.
Grafik adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat.
namun grafik  disini menurut saya adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra.
Sehingga pemodelan grafik adalah suatu proses membuat, memanipulasi dan menyimpan suatu objek baik dengan menggunakan bantuan perangkat lunak komputer.
 
Setelah kita mengerti apa definisi dari pemodelan grafik,sekarang kita bahas dari sisi jenis nya,secara garis besar jenis grafik itu terbagi atas bitmap dan vektor
 
Grafis Bitmap adalah objek gambar yang dibentuk berdasarkan raster/pixel/dot/titik/point koordinat dan warna. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini yang buat grafis  semakin kelihatan halus, tetapi kapasitas filenya pun relatif semakin besar.

Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Hal ini berkaitan dengan kemampuan monitor dan VGA pada device yang kita gunakan. Jika gambar tampilan bitmap berresolusi tinggi di tampilkan pada monitor yang resolusi nya rendah akan mengakibatkan gambar keihatan kasar (ibarat kata nggak ngangkat, kayak kualitas bagus di setel di kualitas kurang bagus), bahkan terlihat kabur berbentuk kotak-kotak jika kita zoom in atau perbesar. Satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap ini adalah dpi ( dot per inch ) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci.
 
Selain grafis jenis bitmap, ada grafis jenis vektor yang merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap. Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu.  Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Sehingga Tampilan akan terlihat jelas walaupun kita  zoom in atau kita gede in.

Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. sehingga, pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file. 
Sehingga gambaran dari bitmap dan vektor kurang lebih seperti ini :


SUMBER
http://id.wikipedia.org
http://www.ilmukomputer.com
http://saefulnugroho.blogspot.com/2011/09/pemodelan-grafik-dari-sisi-jenis-dan.html

Related Posts



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More