Thursday, November 14, 2013

Kiat untuk mempersiapkan sidang sarjana (SI)


Pada Tugas Softskill kali ini saya diberikan tugas bagaimana kiat mempersiapkan sidang sarjana (S1). Nah kebetulan saya juga sekarang sudah semester 7, ini juga yang saya persiapkan untuk menyusun skirpsi. Yaitu berikut langkah-langkah yang saya lakukan guna menyiapkan sidang skirpsi:

Mempersiapkan referensi-referensi skripsi
Mengapa kita harus mempersiapkan referensi skripsi? Nah berikut akan saya jelaskan manfaat-manfaat nya:
·         Untuk menggali ide dalam menentukan tema dan judul penelitian.
·         Untuk sumber pengetahuan tentang sistematika penulisan skripsi yang ditetapkan oleh fakultas masing-masing maupun perguruan tinggi secara umum.
·         Untuk sumber pengambilan teori-teori yang diperlukan dalam pemyusunan skripsi.
·         Untuk penggalian sumber tentang metode penelitian yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian skripsi.

Referensi yang baik dapat saya persiapkan dalam bentuk skripsi-skripsi sebelumnya yang saya minati, yaitu : buku-buku paket atau text book kuliah untuk bidang yang saya minati, artikel-artikel dari internet yang sesuai dengan bidang yang saya minati juga sangat bermanfaat. Kegiatan mempersiapkan referensi saya lakukan hampir bersamaan atau sedikit lebih awal dari menentukan tema dan judul penelitian. Karena dengan begitu, kegiatan mempersiapkan referensi selanjutnya akan lebih sesuai dengan konsep-konsep yang dibutuhkan sesuai dengan tema dan judul penelitian.

Menentukan tema dan judul penelitian skripsi
Nah selanjutnya setelah saya mencari referensi-referensi penelitian saya, berikutnya saya menentukan tema apa yang saya dapat pada materi referensi yang saya cari yang dirasa lebih mudah.
Saya melakukan beberapa langkah bagaimana menentukan tema dan judul penelitian skripsinya yaitu sebagai berikut:
·         Mencari referensi buku text book atau skripsi sebelumnya yang saya minati.
·         Mencari bab dalam text book yang saya minati.
·         Melihat fakta dilapangan dimana teori tersebut terjadi secara nyata atau lihat dari penelitian skripsi sebelumnya yang meneliti tentang hal yang sesuai dengan bab yang saya pelajari.
·         Buat tema dengan bab tersebut.

Kesimpulan:
Mempersiapkan sidang skripsi merupakan kegiatan yang cukup urgen untuk memperlancar jalannya penyusunan skripsi bagi saya. Persiapan menyusun skripsi meliputi upaya memehami pengertian skripsi yang mendasar, mempersiapkan referensi skripsi, serta menentukan tema dan judul penelitian skripsi. Dengan memahami langkah-langkah persiapan menyusun skripsi, maka akan mempermudah kegiatan penyusunan skripsi saya. Terima kasih 

Related Posts



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More